Pengantar Ilmu Budaya Dasar

  1. HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

 

A. Hakikat IBD

Sesuai dengan namanya yaitu Ilmu Budaya Dasar, mata kuliah ini hanya memberikan dasar-dasar yang cukup kuat dalam mencari hubungan antara segala segi kebudayaan. Yaitu usaha yang terus menerus mencari kebenaran, keindahan, kebebasan, dalam berbagai bentuk, serta hubungannya dengan alam semesta, Tuhannya, masyarakatnya dan juga penemuan dirinya sendiri untuk mencari hidup yang dirasanya lebih bermakna. Secara garis besar ilmu dan pengetahuan dikelompokkan menjadi tiga macam,yaitu:

  1. Ilmu alamiah (natural sciences)

Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip.

    2. Ilmu Sosial (social sciences)

sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.

    3. Pengetahuan budaya ( the humanities)

sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

 

IBD mempunyai pokok yaitu hubungan timbal balik manusia dengan lingkungannya. Adapun sasaran atau objek kajian IBD adalah sebagai berikut:

 

  1. Masalah sosial yang dapat ditanggapi melalui pendekatan individu maupun pendekatan antar bidang.

    2. Keanekaragaman golongan dan kesatuan social dalam masyarakat

 

Ilmu Budaya Dasar (IBD) merupakan kelompok ilmu dan pengetahuan yang termasuk dalam kelompok pengetahuan budaya. Tujuan dari IBD adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran dan kemampuan kritikal terhadap masalah-masalah budaya.

 B. Ruang Lingkup IBD

 Ruang lingkup yang disajikan dari IBD adalah sebagai berikut :

1. Manusia dan pandangan hidup

            Yaitu pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Dan pertimbangan tersebut merupakan hasil pemikiran manusia yang didasarkan pada pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup juga bukan hal yang muncul secara tiba-tiba melainkan melalui waktu yang lama dan terus menerus, sehingga dapat diuji kenyataannya. Dan hasil pemikiran itu dapat diterima dengan akal sehingga kebenarannya pun diakui. Maka atas dasar tersebutlah manusia menerima hasil pemikiran sebagai pedoman yang disebut pandangan hidup.

 2. Manusia dan keindahan

            Keindahan itu berasal dari kata indah yang berarti cantik, bagus, elok. Cakupan keindahan bagi manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia itu sendiri dan sesuai dengan kemajuan ilmu teknologi. Keindahan juga identik dengan kebenaran dan keduanya memiliki nilai yang abadi, maka itulah sesuatu yang benar berarti indah. Disamping itu, keindahan bersifat universal yang tidak terikat oleh perseorangan, waktu dan tempat, selera dan kedaerahan.

 3. Manusia dan keadilan

Keadilan sama halnya dengan kelayakan, dan biasa ditujukan pada diri manusia. Maka orang akan dikatakan adil apabila dapat mengendalikan dirinya sendiri dan tidak merugikan orang lain.

 4. Manusia dan cinta kasih

Cinta kasih berarti perasaan suka pada seseorang dan disertai menaruh balas kasihan. Maka dapat dikatakan pula cinta kasih merupakan pengikat yang kuat antara sesama manusia dan antara manusia dengan Tuhannya, sehingga kita bisa beribadah dengan ikhlas kepada-Nya dan berpegang teguh pada ajarannya.

 5. Manusia dan tanggung jawab

Tanggung jawab merupakan kesadaran yang ada pada diri manusia akan segala perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak.

 6. Manusia dan kegelisahan

Kegelisahan merupakan sesuatu kejadian yamg menggambarkan seseorag tidak nyaman dalam hati dan perbuatannya. Kegelisahan juga berkaitan dengan frustasi yang diakibatkan karena keinginannya tidak dapat terpenuhi.

 7. Manusia dan harapan

Harapan merupakan keinginan manusia mengenai kehidupannya di waktu yang akan datang. Orang yang tanpa harapan berarti mati dalam hidup.

 2. IBD SEBAGAI MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB) DAN PENDIDIKAN UMUM.

  1. IBD merupakan kelompok MBB di Perguruan Tinggi

Menurut MENPEN RI nomor 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa, maka kajian dan pelajaran dicakup dalam program studi yang dirumuskan dalam kurikulum yang terdiri dari :

    a.  Kelompok matakuliah pengembangan pribadi

Pengembangan diri adalah orang yang mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan mereka melalui usaha yang diarahkan oleh diri mereka sendiri. Yang bertujuan memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan bakat dan minat setiap orang.

    b.  Kelompok matakuliah keilmuan dan keterampilan

Keterampilan membaca keilmuan dan penguasaan cara belajar keilmuan sangat perlu dikuasai. Keterampilan membelajarkan diri tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan diri, jadi keterampilan belajar keilmuan tersebut mempunyai transfer of learning cukup besar.

    c. Kelompok matakuliah keahlian berkarya

Berkarya berarti mengerjakan suatu pekerjaan hingga kita dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua orang, sehingga arang lain dapat menikmati hasil karya kita.

    d. Kelompok matakuliah perilaku berkarya

Perilaku berkarya berarti seseorang yang memiliki komitmen, prinsip dalam menciptakan sebuah hasil karya seni.

    e.  Kelompok matakuliah berkehiduapan bermasyarakat.

Berkehidupan bermasyarakat adalah sekumpulan manusia yang hidup bersama-sama, bercampur baur untuk jangka waktu yang cukup lama yang terdapat disuatu wilayah-wilayah di negara tertentu.

   2. ISBD sebagai program pendidikan Umum ( General Education)

ISBD merupakan program umum yang bersifat mengantar mahasiswa yang memiliki kemampuan personal. Kemampuan personal merupakan kaitan dengan kemampuan individu untuk menempatkan diri sebagai anggota masyarakat yang tidak terpisahkan dari masyarakat itu sendiri.Program pendidikan umum yaitu untuk memperluas cakrawala, perhatian dan pengetahuan para mahasiswa sehingga tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian serta golongan asal masing-masing.

     3. ISBD SEBAGAI ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH SOSIAL BUDAYA

IBD merupakan ilmu yang memberikan dasar-dasar pengetahuan budaya dan konsep-konsep budaya kepada setiap mahasiswa sehingga mampu mengkaji masalah-masalah kemanusian dan budaya.

Pendekatan IBD juga memperluas pandangan bahwa masalah kemanusiaan dan kebudayaan dapat didekati dari berbagai sudut pandang. Bahkan dengan wawasan yang baik, maka kita akan mudah mengkaji sebuah masalah kemasyarakat yang lebih kompleks, demikian pula dengan solusi pemecahannya.

     4. PERBEDAAN ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU BUDAYA DASAR

Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian diharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.

Sedangkan ISD merupakan suatu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang, yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian – pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu – ilmu social.

 

 

Sumber:

Nugroho Widyo; Muchji Achmad. Ilmu Budaya Dasar. Universitas Gunadarma. Jakarta. 1996.

http://www.scribd.com/doc/82907128/Pengertian-Pengembangan-diri

https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:g2pt4v1Qt8MJ:stkip.files.wordpress.com/2011/05/isbd.pdf+&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESiSCBF-bYcHXeiJ4ygh8vedgYTHFEVM79HtM7ZJkXdLEFOeUWKH5bB2-s54SH63EurA-_VCOcyn4AEXpSbjwOf0XU8qRjoY5AAsSHyUc6cHK3f5imKKg9J-vLcm6Pd3CnOQws1k&sig=AHIEtbQyHDIkHKA184aZ1M_w4xJuPh61bQ

https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:7VAcNvUmjfcJ:blog.tp.ac.id/pdf/tag/pengertian-penerapan-keterampilan.pdf+&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESiBxlK8xDi_sh9rzJ5w2TQv1wMZeYKK1A9XIgoP9MT8P85S4sB4f-CN4bsQZIOLyiwiCiCeMNGd3RDYY4hvEUHP8Mtc0g8Hjdp23NE1lyTjWKH6yT1r6g_LzkgGN_KAlv6JJ-62&sig=AHIEtbTg9m3jNjIIRJwO18zLQabqJoGvow

http://sportandreligion.blogspot.com/2011/08/pengertian-berkarya.html

http://3rest.wordpress.com/2010/11/04/menggali-arti-kehidupan-bermasyarakat/

http://irwanpantau.wordpress.com/2010/02/15/perbedaan-ilmu-sosial-dasar-dengan-ilmu-budaya-dasar/

http://aero-7.blogspot.com/2011/10/definisi-ilmu-sosial-dasar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s