 PERKEMBANGAN BUDAYA INDONESIA PADA SAAT INI

PERKEMBANGAN BUDAYA INDONESIA
Pengertian budaya yaitu budi atau akal budi atau pikiran. Sedangkan kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku, bahasa, pelalatan hidup, organisasi sosial, religi, seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
 PERKEMBANGAN BUDAYA INDONESIA PADA SAAT INI
Pada dasarnya kita telah mengetahui bahwa perkembangan budaya Indonesia selalu mengalami naik dan turun. Awalnya kita memiliki banyak sekali warisan budaya dari nenek moyang kita, namun dewasa ini masyarakat Indonesia banyak yang telah melupakan budayanya sendiri. Masyarakat Indonesia tidak bisa menghargai budayanya, mereka tidak memiliki kesadaran untuk mempelajari budaya Indonesia dan tidak mau melestarikannya. Kebanyakan dari mereka malu untuk melestarikan budaya Indonesia, karena para remaja masa kini menilai bahwa budaya warisan dari nenek moyang itu kuno dan ketinggalan zaman. Hal tersebut terjadi karena adanya proses perubahan sosial seperti Asimilasi (yaitu proses masuknya kebudayaan baru yang berbeda setelah mereka bergaul secara intensif, sehingga sifat khas dari unsur-unsur kebudayaan itu masing-masing berubah menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran) dan Akulturasi (yaitu proses masuknya kebudayaan baru yang secara lambat laun dapat diterima dan diolah dengan kebudayaan sendiri, tanpa menghilangkan kebudayaan yang ada). Namun perkembangan budaya di Indonesia saat ini banyak didominasi oleh budaya asing, sehingga masyarakat lupa akan budayanya sendiri dan akibatnya kini banyak sekali kebudayaan bangsa kita yang di klaim oleh bangsa lain. Misalnya alat musik gamelan dari Jawa dan tari reog ponorogo dari Jawa Timur diakui oleh pemerintah Malaysia, dan lain-lain.
Masuknya budaya asing tersebut berdampak pada perubahan-perubahan perilaku dan kebiasaan pada masyarakat, seperti:
1. Cara Berpakaian
Pada zaman sekarang ini orang-orang lebih suka berpakaian dengan meniru style dari budaya barat. Alasannya yaitu mereka ingin berpenampilan sexy dan menarik, dan ingin bergaya sama seperti idolanya. Kebanyakan dari masyarakat Indonesia telah melupakan budaya berpakaian di Indonesia yang sopan dan tertutup.
2. Alat Musik
Alat musik asli Indonesia seperti calung, angklung, tanjidor dan lain-lain saat ini jarang sekali digunakan dan dipelajari oleh anak-anak dan para remaja. Anak muda masa kini lebih senang mempelajari alat-alat musik modern yang menggunakan listrik seperti piano, gitar listrik dan yang sejenisnya dibandingkan dengan alat musik tradisional.
3. Permainan Tradisional
Anak-anak pada zaman sekarang sudah tidak mengenal permainan tradisional, seperti gangsing atau mobil-mobilan dari kayu. Mereka lebih suka bermain game online atau mobil remote control.
 DAMPAKNYA BAGI MASYARAKAT
1. Dampak Positif
Manusia dapat memiliki pengetahuan yang luas, disamping itu mereka juga dapat lebih kreatif dan dapat bekerja secara cepat dan efisien karena teknologi yang digunakan semakin canggih.
2. Dampak Negatif
Teknologi yang lebih maju dan canggih yang digunakan oleh manusia itu dapat menghilangkan kebudayaan asli Indonesia. Disamping itu, teknologi yang canggih biasanya menimbulkan banyak kerusakan dan polusi, sehingga berdampak buruk bagi alam.

Sumber :
blogsyurika.blogspot.com/2010/05/perkembangan-budaya-indonesia-dan.html
imadwaulat.wordpress.com/2011/10/11/mengkaji-hubungan-antar-masalah-penduduk-dengan-perkembangan-kebudayaan/
lorentfebrian.wordpress.com/perkembangan-budaya-di-indonesia/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s