PENGERTIAN BANGSA DAN NEGARA SEKALIGUS HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA

Bangsa
Bangsa menurut 10 ahli yang dikutip oleh Abidin (2011), yaitu:
a. Rawink, bangsa adalah sekumpulan manusia yang bersatu pada satu wilayah dan memunyai keterikatan dengan wilayah tersebut. Dengan batas teritori tertentu dan terletak dalam geografis tertentu.
b. Otto Bauer bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakteristik (nasib).
c. Ki Bagoes Hadikoesoemo atau Tuan Munandar lebih menekankan pengertian bangsa pada persatuan antara orang dan tempat.
d. Jalobsen dan Libman, bangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity) dan kesatuan (Politic unity).
e. Hans Kohn, pengertian bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah.
f. F. Ratzel, bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggal (geolitik).
g. Ernest Renan, bangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama (Sejarah & cita-cita).
h. Guibernau, bangsa adalah negara kebangsaan memiliki unsur-unsur penting pengikat, yaitu: psikologi (sekelompok manusia yang memiliki kesadaran bersama untuk membentuk satu kesatuan masyarakat – adanya kehendak untuk hidup bersama), kebudayaan (merasa menjadi satu bagian dari suatu kebudayaan bersama), teritorial (batas wilayah atau tanah air), sejarah dan masa depan (merasa memiliki sejarah dan perjuangan masa depan yang sama), dan politik (memiliki hak untuk menjalankan pemerintahan sendiri).
i. Rudolf Kjellen membuat suatu analogi/membandingkan bangsa dengan suatu organisme biotis dan menyamakan jiwa bangsa dengan nafsu hidup dari organisme termaksud. Suatu bangsa mempunyai dorongan kehendak untuk hidup, mempertahankan dirinya dan kehendak untuk berkuasa.
Sementera dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bangsa adalah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi. Terakhir bangsa
Dari pengertian bangsa menurut para ahli diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa bangsa adalah Sekelompok manusia yang tinggal pada suatu wilayah yang sama yang memiliki persamaan bahasa, agama, budaya, dan sejarah sehingga mereka memiliki satu tujuan yang sama untuk membentuk kesatuan masyarakat dengan persamaan kebudayaan tertentu dan persamaan nasib.
Negara
Jutmini dkk (2007) membagi lagi definisi negara men-jadi empat, yaitu:
a. Suatu organisasi di mana sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami wilayah tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia.
b. Suatu perserikatan yang melaksanakan suatu pemerintahan melalui hukum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan untuk memaksa yang berada dalam satu wilayah masyarakat tertentu dan membedakannya dengan kondisi masyarakat dunia luar untuk ketertiban sosial.
c. Suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat yang berhasil menuntut warganya dalam ketaatan pada perundingan melalui penguasaan kontrol dari kekuasaan yang sah.
d. Suatu asosiasi yang menyelenggarakan penertiban dalam suatu masyarakat atau wilayah dengan berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah.
Jadi, secara garis besar, negara dapat diartikan sebagai organisasi yang mengatur seluruh masyarakatnya dalam berbagai aspek, baik politik, sosial, ekonomi, militer, budaya dan sebagainya, dengan aturan hukum tertentu yang telah disepakati bersama dan harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat yang ada pada wilayah tersebut.
Hak dan Kewajiban Warganegara
Hak Warganegara:
1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
4. Setiap warga negara bebas dalam memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku.
Kewajiban Warga Negara
1. Setiap warga negara wajib mematuhi perat peraturan perundang-undangan, hukum tak tertulis dan hukum internasional mengenai HAM.
2. Setiap warga negara wajib ikut serta dalam pembelaan negara
3. Setiap warga negara wajib menghormati hak asasi orang lain.
4. Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap warga negara wajib patuh kepada batasan yang ditetapkan undang-undang untuk menjamin penghormatan terhadap hak orang lain.
Sumber:
Jutmini, Sri. Winarno. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan 1. Tiga Serangkai: Surakarta.
UUD 1945.
Abidin, Muhammad Zainal, 2011, Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli, diakses dari: http://masbied.com/2011/08/03/pengertian-bangsa-menurut-para-ahli/ 08 Desember 2011.
http://halil-materipkn.blogspot.com/2012/04/bab-1-hakikat-bangsa-dan-negara.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s